Pendidikan karakter...
 
Notifications
Clear all

Pendidikan karakter yang berkaitan dengan pengembangan materi, sarana dan prasarana


admin
Posts: 6
Admin
Topic starter
(@admins)
Member
Joined: 10 months ago

Kendala yang mereka hadapi dalam implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pkn, dari pengembangan materi, pengembangan materi yang tidak diberi kejelasan biasanya hanya ada standar minimalnya, sehingga guru takut dalam pengembangan. Orang tua yang terlalu sayang anaknya, sehingga tugas dari sekolah mengerjakan anaknya.

Materi yang terlalu sederhana, saat ditanamkan ke anak sulit, anak sulit memahami, perlu metode yang tepat karena K13 materinya lompat-lompat karena menggunakan tema bercampur mapel lain sehingga siswa sulit berkonsentrasi.

Penelitian di atas senada dengan penelitian Yunus Bagus Panuntun (2016) yang berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pengelolaan Kelas Yang Dinamis”, faktor pertama yang menjadi kendala dalam implementasi pendidikan karakter melalui pengelolaan kelas yang dinamis di SD Muhammadiyah 5 Surakarta adalah faktor keluarga. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik di SD Muhammadiyah 5 Surakarta banyak yang memiliki keluarga yang tidak utuh, pendidikan orangtua yang rendah dan lain sebagainya.

Keluarga yang menjadi lingkungan pertama tumbuh kembang peserta didik seharusnya mendukung penanaman nilai-nilai karakter sejak awal. Rohani (2010:183) mengemukakan bahwa tingkah laku peserta didik di kelas pencerminan dari keluarganya, sikap orangtua yang otoriter akan tercermin dari tingkah laku peserta didik yang agresif. Faktor kedua yang menjadi kendala dalam implementasi nama perempuan islam modern pendidikan karakter peserta didik yakni faktor lingkungan masyarakat.

Peserta didik memiliki pembawaan yang sulit diatur yang disebabkan karena peserta didik mudah terpengaruh di lingkungan yang kurang peduli terhadap pendidikan sehingga muncul sikap sulit diatur. Selain itu, faktor dari peserta didik sendiri juga menjadi kendala dalam implementasi pendidikan karakter. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik sulit diajak bersosialisasi.

Share: