SEJARAH PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA

Latar Pendirian

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara, didirikan atas  upaya untuk berperan serta dalam proses pembangunan negara melalui kegiatan Pendidikan. Program studi ini mengemban misi untuk mengembangkan pendidikan  yang dapat membangun jiwa nasionalisme dan patriotisme, yakni membangun kesadaran dan daya juang  generasi muda bangsa, agar mampu  berperan secara konstruktif bagi kepentingan bangsa dan negara yang berdasar pada  nilai falsafah kebangsaan Pancasila. Pendirian program studi selaras dengan ketentuan  Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 tahun 1989 (Ps.39), yang secara eksplisit menegaskan, bahwa  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan menjadi mata pelajaran “wajib” yang harus ada pada kurikulum pendidikan dasar dan menengah, bahkan perguruan tinggi.  (ketentuan  ps. 39 UU No 2 tahun 1989 kemudian diperbaharui dengan UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dengan subtansi yang sama).

Kekuatan  pendirian prodi,  didukung  dengan ketersediaan tenaga dosen tetap  yang refresentatif, terdiri dari   7 orang dosen tetap Kopertis Wilayah IV dpk (dipekerjakan) di Uninus  dan  dosen  tetap Yayasan sebanyak 4 orang, serta dukungan Guru Besar Uninus dan IKIP Bandung (sekarang UPI).  Faktor pendukung lainnya, adalah eksistensi  kelembagaan Uninus sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki reputasi baik dengan dukungan fasilitas kampus yang refresentatif  untuk pelaksanaan pendidikan tinggi.

 

Pendirian Prodi

Rintisan pendirian program studi  sesungguhnya telah ditempuh oleh Uninus yakni pengajuan  status “Terdaftar”  Prodi PMP/Kn pada tahun 1987 dan tahun 1988, 2 angkatan dengan jumlah mahasiswa  70 orang.  Ketua Program Studi saat itu adalah  Prof.Dr. Suwarma AL-Muchtar SH dengan Sekretaris. Dr. H. Dedi Mulyasana. M.Pd.  Dosen-dosen pengajar terdiri dari dosen tetap Uninus dan  dosen tidak tetap dari PMP/Kn IKIP Bandung, diantaranya  Prof. Azis Wahab M,A;  Prof.Dr. Ranidar Darwis SH;  H. Muchsin SH ;   Hj. Dartim Nan Sati, Dra.; Lili Halimah,Dra. .;  Zaenudin Harun, Drs. SH. M.Pd.;  Dr. Aim Abdul Karim, M.Pd. Namun mengingat  ada kebijakan dari kementerian yang menganggap bidang keguruan sudah “jenuh” di Indonesia, maka tidak bisa diajukan  untuk status “Diakui”.  PMP/Kn FKIP Uninus kemudian melakukan merger dengan STKIP Cimahi pada tahun 1991.  Lulusan pertama tahun 1991 dan terakhir 1993. Alhamdulillah kurang lebih 60 %  dari lulusannya hingga saat ini,  bekerja sebagai PNS, selebihnya guru pada lembaga swasta dan wiraswasta.

Setelah berselang sekian lama, kemudian diajukan kembali pada tahun 2000 untuk memfasilitasi kebutuhan layanan guru PPKn jenjang pendidikan dasar dan menengah. Ajuan pendirian prodi disampaikan pada tanggal 20 Juli 2000, yang dokumen ajuannya dihimpun  oleh : Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., Safroni, Drs. M.Pd. dan  Hj. Nani Nur’aeni, Dra. M.Pd Ajuan pendirian prodi dilakukan pada saat kepemimpinan Rektor Uninus dijabat oleh H. Kusman Kusumanegara, Ir. MRP.; Pembantu Rektor I Erfanto Sanaf SH,; Pembantu Rektor II Toni Legiman Achmad SE;  Pembantu Rektor III T. Bachtiar Drs;  Pembantu Rektor IV  H. Hb. Syarief Muhammad ,Drs.   dan Dekan FKIP Uninus dijabat oleh Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd.

Pendirian prodi didukung dengan motivasi tinggi yang diberikan oleh Dr. H. Dedi Mulyasana  M.Pd.  dan Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd. selaku Dekan dan Pembantu Dekan I FKIP Uninus. Demikian pula, pendirian prodi didukung dan memperoleh pembinaan dari Guru Besar Uninus Prof. Dr. H. Sanusi SH, MPA dan  Guru Besar  PMP/Kn  IKIP Bandung yakni : Prof. Dr.H.  Suwarma Al-Muchtar SH,  Prof. Dr.Hj. Ranidar Darwis, SH. dan Prof. Dr. Moch. Zen.

Penerimaan mahasiswa baru dimulai pada tahun 2001, karena  pada tahun 2000 ijin pendirian prodi baru keluar setelah umumnya mahasiswa memulai perkuliahan, sehingga tidak memungkinkan merekrut mahasiswa  baru. Pada tahun 2001 dimulai penerimaan mahasiswa dengan jumlah 50 orang, kemudian tahun 2002 dengan jumlah 52 orang,  terdiri dari mahasiswa pindahan dan reguler. Selanjutnya jumlah mahasiswa pluktuatif sesuai dengan dinamika peminat masuk prodi.

Legalitas akreditasi diberikan setelah ada lulusan,  baru  diajukan tahun 2007, kemudian akreditasi I keluar tahun 2018. Berikut ditunjukkan SK ijin operasional dan akreditas prodi.

 

PERIODE NO , TGL & PENANDATANGAN SK AKREDITASI
Ijin Operasional SK Dirjen Dikti  No. 328/DIKTI/Kep/2000, teranggal  14 September 2000

Ditandatangani,

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi,Prof Dr. Satrio Soemantri Brojonegoro.

Akreditasi I SK BAN-PT No 037/BAN-PT/Ak-X/S1/II/2008

Tertanggal

 

Ditandatangani

 

 

Surat Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Kopertis Wil IV a.n Dirjen Dikti.

Tertanggal 28 Agustus 2009,

Ditandatangani Koodinator Kopertis

Prof.Dr. Ir. Abdul Hakim Halim, M.Sc.

SPS: 001504

Sertifikat – Terakreditasi B, berlaku tgl 22 Februari 2008 – 22 Februari 2013

Ditandatangani Ketua,

Kamanto Sunarto

 

 

Akreditasi II SK BAN-PT No 169/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013

Tertanggal 15 Agustus 2013

Ditandatangani

Ketua badan Akreditasi nasional, Mansyur Ramli

 

SPS : 011379

Sertifikat – Terakreditasi B, berlaku tgl 15 Agustus 2013 – 15 Agustus 2018

Ditandatangani Ketua,

Prof.Dr. Mansyur Ramly,

Akreditasi III SK BAN-PT No 1189/SK/BAN-PT/Akred/S/V/ 2018 2 Mei 2018

Tertanggal 2 Mei  2018

Ditandatangani,

Direktur Dewan Eksekutif BAN PT,

Prof. T. Basarudin

 

SPS : 024396

Sertifikat – Terakreditasi B, berlaku tgl 2 Mei 2018 – 2 Mei 2023

Ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif,

Prof. T. Basarudin

 

Terwujudnya akreditasi prodi tidak terlepas dari peran yang sangat besar, khususnya atas jasa pembinaan dari  Prof. Dr. Suwarma SH., Prof. Ranidar Darwis, SH.  dan Prof. Dedi Mulyasana M.Pd. disamping kesungguhan dan kerja keras dari pimpinan, dosen dan tenaga pendidik  Prodi PPKn, pimpinan Dekanat FKIP dan Pimpinan Rektorat Uninus pada masanya.

 

Pimpinan Prodi

 

Nomor Periode Nama Pimpinan
1 2000  –  2008 Ketua Program Studi  :  Yusuf Syarif Bastaman, Drs.

Sekretaris                    :  Nani Nur’aeni, Dra. M.Pd

2 2009  –  2010 Ketua Program Studi  :  Safroni,  Drs. M.Pd.

Sekretaris                    :  Nani Nur’aeni, Dra. M.Pd

3 2011 –  2016 Ketua Program Studi  :  Nani Nur’aeni, Dra. M.Pd

Sekretaris                    :  Djem Bangun Mulya, Drs. MP

4 2017 –  2020 Ketua Program Studi  :  Nani Nur’aeni, Dra. M.Pd

Sekretaris                    :  Dr. Djem Bangun Mulya, M.P.

 

Bandung, 17 September 2020,

atas nama Pendiri Program Studi,